Aktivitas Manajemen Operasi
Segala
aktivitas berkaitan dengan penciptaan barang
dan jasa melalui transformasi input
menjadi output.
Perbedaan
Barang dan Jasa
|
||
Barang
|
Jasa
|
|
Tangible
(fisik dan ciri cirinya dapat dilihat,
diraba, dirasa).
Biasa
diperjualbelikan kembali
Barang
dapat disimpan sebelum dipasarkan
Parameter
mutu dapat diukur dengan jelas
Penjualan
berbeda dari produksi
Barang
dapat berpindah
Letak
fasilitas penting untuk pertimbangan biaya
Sering
dapat dilakukan proses otomatisasi
Pendapatan
dihasilkan dari produk tangible
|
Intangible
(fisik dan cirri cirinya tidak dapat
dilihat, diraba, dirasa).
Umumnya
tidak diperjualbelikan kembali
Biasanya
langsung kontak dengan pembeli
Sangat
sulit mengukur parameter mutu dari jasa
Penjualan
bagian dari jasa
Penyedia
jasa sering dapat berpindah dan bukan jasanya
Letak
fasilitas penting untuk pertimbangan kontak konsumen
Sering
sulit dilakukan proses otomatisasi
Pendapatan
dari produk intangible
|
|
Berbeda dengan organisasi usaha penghasil barang, pada
organisasi usaha penghasil jasa fungsi produksi tidak terlihat dengan jelas
karena proses produksi berinteraksi langsung dengan konsumen sebagai penerima
jasa tersebut sehingga fungsi produksi kelihatan seperti berada dibawah fungsi
pemasaran. Akan tetapi apakah suatu organisasi usaha produk akhirnya berupa barang
ataupun jasa segala aktivitas yang berkaitan dengan produksi dalam organisasi
usaha fungsi produksi seringkali tetap dimasukan dalam lingkup manajemen operasi.
Sejarah
Perkembangan Manajemen Operasi
|
||
Cost
Focus
|
Quality
Focus
|
Customization
Focus
|
Early Concepts
1776-1880
Labor
Specialization (Smith, Babbage)
Standardized
Parts (Whitney)
Scientific
Management Era 1880-1910
Gantt
Charts (Gantt)
Motion
& Time Studies (Gilbreth)
Process
Analysis (Taylor)
Queuing
Theory (Erlang)
Mass
Production Era 1910-1980
Moving
Assembly Line (Ford Sorensen)
Statistical
Sampling (Shewhart)
Economic
Order Quantity (Harris)
Linear
Programming
PERT/CPM
(DuPont)
Material
Requirements Planning
|
Lean
Production Era 1980-1995
Just-in-Time
Computer
Aided Design
Electronic
Data Interchange
Total
Quality Management
Baldride
Award
Empowerment
Kanbans
|
Mass
Customization Era 1995-
Globalization
Internet
Enterprise
Resourse Planning
Learning
Organization
International
Quality Standards
Fenite
Scheduling
Supply
Chain Management
Agile
Manufacturing
E-commerce
|
Mengapa Belajar
Manajemen Operasi
Ada beberapa alasan pentingnya
mempelajari bidang studi manajemen operasi, yaitu :
1. Manajemen
Operasi adalah salah satu dari tiga fungsi bisnis penting dalam suatu
organisasi usaha disamping pemasaran (marketing)
dan keuangan (finance).
2. Manajemen
Operasi dipelajari untuk memahami bagaimana barang dan jasa diproduksi, karena
fungsi produksi berada dalam lingkup manajemen operasi.
3. Manajemen
Operasi dipelajari untuk memahami apa tugas tugas seorang manajer operasi.
Dengan memahami tugas tugas tersebut seseorang dapat mengembangkan keakhlian
yang diperlukannya untuk menjadi seorang manajer operasi. Hal ini dapat membantu
untuk melihat peluang dalam pengembangan karier dalam manajemen operasi.
4. Manajemen
Operasi dipelajari karena penyerapan anggaran belanja perusahaan pada fungsi
operasi adalah paling besar. Namun demikian, peluang peningkatan keuntungan
perusahaan pada fungsi operasi juga paling besar.
Options
for Increasing Contribution
|
||||
Marketing
Option
|
Finance/Accounting
Option
|
OM
Option
|
||
Current
|
Increase
Sale Revenue 50%
|
Reduce
Finance Costs 50%
|
Reduce
Production Costs 20%
|
|
Sales
Costs of goods
|
$100,000
-80,000
|
$150,000
-120,000
|
$100,000
-80,000
|
$100,000
-64,000
|
Gross margin
Finance costs
|
20,000
-6,000
|
30,000
-6,000
|
20,000
-3,000
|
36,000
-6,000
|
14,000
|
24,000
|
17,000
|
30,000
|
|
Taxes at 25%
Contribution
|
-3,500
$
10,500
|
-6,000
$
18,000
(71%)
|
-4,250
$
12,750
(21%)
|
-7,500
$
22,500
(114%)
|
Peningkatan penjualan 50% memberikan kontribusi terhadap
pendapatan perusahaan sebesar 71% dan penghematan pada sektor keuangan sebesar
50% memberikan kontribusi terhadap pendapatan perusahaan sebesar 21%, sedangkan
penghematan pada biaya produksi sebesar 20% memberikan kontribusi terhadap
pendapatan perusahaan sebesar 114%.
Dari contoh kasus tersebut mendorong sangat pentingnya pengembangan
strategi pada aktivitas aktivitas operasi agar proses operasi berjalan semakin
efisien dan efektif untuk meningkatkan kontribusi fungsi operasi dalam
perusahaan.
Tugas
Manajer Operasi
Setiap manajer
yang baik harus melakukan fungsi fungsi dasar dari proses manajemen, yaitu yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pembentukan
staf, kepemimpinan dan pengendalian. Manajer operasi menerapkan proses
manajemen ini untuk menetapkan keputusannya
untuk setiap fungsi operasi yang ada dalam manajemen operasi.
Sepuluh
Putusan Strategis Manajemen Operasi
|
|
Fungsi Operasi
|
Pokok
Permasalahan
|
Perancangan
barang dan jasa
Manajemen
Kualitas
Perancangan
proses dan kapasitas
Lokasi
Perancangan
layout
Sumber
daya manusia dan perencanaan tugas tugas
Manajemen
rantai-suplai
Inventori,
perencanaan keperluan material dan JIT (just-in-time)
Penjadwalan
proyek, jangka menengah dan jangka pendek
Pemeliharaan
|
Barang
atau jasa apa sebaiknya akan ditawarkan?
Bagaimana
perancangan barang dan jasa tersebut akan dilakukan?
Siapa
yang bertanggung jawab terhadap kualitas?
Bagaimana
kualitas dari barang dan jasa tersebut akan ditetapkan?
Akan
membutuhkan proses apa dari produk yang akan dibuat serta dalam urutan apa?
Peralatan
dan teknologi apa yang diperlukan untuk menjalankan proses proses tersebut?
Dimana
sebaiknya fasilitas produksi dibangun serta kriteria kriteria apa yang
menjadi dasar pengambilan putusan tersebut?
Bagaimana
sebaiknya pengaturan layout fasilitas yang akan dibuat serta seberapa besarnya
agar sesuai dengan kapasitas produksi yang akan direncanakan?
Bagaimana
upayanya untuk memberikan lingkungan kerja yang sesuai untuk pekerjanya?
Berapa
besar hasil yang dapat diharapkan dari tenaga kerja tersebut?
Untuk
komponen komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan barang barang yang
direncanakan dibuat sendiri atau menerima pasokan dari luar?
Siapa
pemasok yang dipilih dan siapa yang dapat mengintegrasikan kedalam program
e-commerce perusahaan.
Berapa
besar inventori setiap item barang yang sebaiknya dimiliki?
Kapan
dijadwalkan untuk melakukan pemesanan kembali?
Apakah
pada pekerjaan pekerjaan tertentu tidak lebih disubkontrakan?
Apakah
perusahaan akan tetap mempertahankan pekerjanya selama dilakukan pengurangan
jumlah produksi?
Siapa
yang akan bertanggung jawab terhadap pemeliharaan?
|
Kemampuan untuk membuat keputusan
keputusan yang baik pada fungsi fungsi operasi ini serta mengalokasikan
sumberdaya untuk pelaksanaan yang efektive adalah merupakan jalan menuju suatu
fungsi fungsi operasi yang efisien. Hal ini akan berdampak pada strategi dan
produktivitas perusahaan.
Pengorganisasian
untuk Menciptakan Barang dan Jasa
Untuk
menciptakan barang dan jasa setiap organisasi usaha melakukan tiga fungsi
bisnis yang merupakan unsur unsur tidak saja hanya untuk keperluan proses
produksi tetapi juga untuk kelangsungan jalannya usaha.
Fungsi fungsi bisnis tersebut adalah :
1. Pemasaran,
yang menciptakan kebutuhan terhadap barang atau jasa
2. Operasi,
yang mencipkan barang dan jasa
3. Keuangan,
yang mengikuti berapa sehat jalannya usaha tsb, membayar tagihan tagihan,
mengumpulkan uang hasil usaha.
Lucky Club: Online Casino & Betting Site in India
BalasHapusBet safely in the best online casino and bet live in your country. luckyclub Online casino games are streamed live on a number of different types of devices and